Selamat Datang Di Website Kami - Kata-Kata Motivasi

Selasa, 03 November 2020

Belajar Tapi Nilai Jelek?

Segala yang kita inginkan tentu saja tidak diperoleh dengan instan. Siswa harus belajar dengan giat untuk mendapatkan nilai yang diinginkan.

Nah, untuk itu beragam cara belajar digunakan siswa demi mendapatkan nilai yang bagus. Tak sedikit siswa yang mengerahkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk mendapatkan nilai yang sempurna,

Namun memang tidak selalu apa yang kita inginkan selalu langsung kita dapatkan. Ada kalanya, kita mengalami hal yang tidak kita inginkan.

Misalnya, kamu mendapatkan nilai yang jelek. Meskipun merasa telah belajar dengan baik, tapi ternyata kamu tetap mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Hal itu tentunya membuat kamu kecewa. Tapi ingat, nilai yang jelek bukan akhir dari segalanya.

Di sini aku ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat mendapatkan nilai yang jelek. Apa saja hal itu?

Terus maju walau aral melintang

Jangan sampai nilai jelek membuat hidupmu berantakan. Sedih karena nilai yang jelek merupakan suatu kewajaran. Namun meski begitu, itu bukan berarti bisa membuat hidupmu berhenti.

Sebab, hidupmu akan terus belajar. Janganlah berputus asa dan teruslah maju. Tak perlu juga rendah diri dengan cara yang salah seperti merasa paling bodoh dan terpuruk. Itu sama sekali bukan cara yang benar.

Jatuh memang sakit dan memalukan tapi itulah proses belajar

Mendapatkan nilai jelek, harus remidi ataupun mengulang adalah bagian dari proses belajar. Semuanya merupakan suatu keniscayaan yang memang sudah seharusnya terjadi. Jadi, biasa saja.

Sikapi dengan santai dan tidak perlu malu. Apalagi jika kamu mendapatkan nilai itu dengan cara yang benar. Mengapa harus malu? Kamu seharusnya lebih malu jika mendapatkan nilai bagus tapi dengan cara yang salah seperti mencontek.

Segala sesuatu kini kamu harus ketahui 

Sebagai seorang siswa, kamu harus memahami kelemahan diri. Jika memang kamu memiliki kelemahan dalam suatu mata pelajaran tertentu, jangan ragu untuk belajar lebih giat lagi.

Kamu juga harus sadar betul, paham apa yang tidak kamu ketahui. Setelah menyadarinya, maka kamu harus segera bertindak menyelesaikannya.

Artinya, cari tahu dan pahamilah apa yang tidak kamu pahami. Ingat, sekali lagi kamu tidak perlu malu untuk mengakuinya.

Jadikan mapel yang menurutmu sulit menjadi spesial

Jika ada beberapa makul yang tidak juga kamu pahami meskipun telah belajar dengan cara biasa, berarti kamu butuh menjadikannya sesuatu yang istimewa.

Jadi, sudah seharusnya kamu meluangkan waktu khusus untuk makul-makul yang sulit bagimu. Kamu cukup meluangkan waktu sekitar sejam saja untuk kembali menekuni pelajaran yang menurutmu sulit.

Giat-giatlah membaca dan memahami penjelasan guru. Jangan lupa juga kamu mencatat pelajaran yang kamu rasa sulit. Sebab hal itu dapat membantu kamu dalam memahami pelajaran. Kamu juga bisa minta bantuan temenmu untuk bersama saat belajar kelompok.

Jangan pernah berpikir untuk berhenti

Hai, kenapa kamu harus murung dan tidak bersemangat? Sebagai seorang siswa, kamu harus terus bersemangat. Ingat, jangan pernah menyerah. Mendapatkan nilai jelek bukan seharusnya membuatmu malas dan berhenti untuk mempelajarinya. Atau bahkan kamu menyerah. Tidakkah kamu berpikir bahwa terkadang belajar memang harus dipaksakan? Jadi, jika orang lain bisa, tentunya kamu pasti bisa.

Nah, itu dia guys beberapa hal yang harus kamu lakukan saat kamu mendapatkan nilai yang jelek. Jika itu terjadi, maka pandanglah kenyataan dengan berani. Selesaikanlah apa yang telah kamu mulai. Tentunya, lakukan dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Kamu pasti bisa!

https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/nilai-jelek-bukanlah-akhir-dunia-toh-kamu-masih-punya-hari-esok/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar